Kabayan??? Pura – pura budeg :p

Kabayan? Kabayan? no? no? so where are you from?

Ooooo Indonesia, you are really look Filipino *senyum malu*

Setelah beberapa hari di Dubai dan mulai berani keluar apartemen, saya bertemu beberapa maid, yang tiba tiba ngomong gak jelas ngomong bahasa apaan, dan saya cuma bengong. Melihat reaksi saya yang bengong, mereka mulai nanya “kabayan? kabayan? daaaan seterusnya.Oooooh saya dikira orang Filipin.Astaga muka jawa tulen begini, pake jilbab pula, masih disangka Filipin????

Selain di lingkungan apartemen, ketika jalan di mall bahkan saat nunggu monorail di stasiun pun, saya diajak ngomong bahasa tarsan mulu.Dooooohhh, mulai dari masih bisa senyum sampai geregetan dan kepikiran buat nulis di blog ini, betapa SKSD nya mereka, ngajakin kabayanan mulu.Kata suami, jawab aja “bukan, saya nyi iteung” hahahha, ntar tambah panjang lagi ngomongnya, “what iteung?” bla bla bla.Males ah…..

Jadi….ternyata di Dubai ini buanyak sangat tenaga kerja Filipina yang bekerja sebagai maid,waiter,kasir, security sampai teknisi, rata – rata dikuasai orang Filipina. Kelebihan mereka dibanding orang Indonesia, jelas mereka bisa bahasa Inggris. Sementara tenaker kita lebih banyak yang bisa berbahasa arab, kecuali waktu itu saya pernah ketemu waiter Starbucks yang bisa bahasa Inggris. Maka dari itu para TKW berbahasa arab, bekerja di keluarga arab, dan TKW Filipina bekerja di keluarga bule. Untuk tenaker non profesional yang didominasi orang Filipina, tenaker disini diisi orang Afrika Selatan dan tentu saja Indihe.Kalau yang profesional, dalam artian kerja dikantor diDubai mah hampir semua perwakilan negara hadir disini.

Kembali ke Kabayan, Kabayan sendiri artinya my fellow countryman atau teman sekampung. Most of them, biasanya udah duluan ngomong panjang lebar bahasa mereka, baru kalau kita pura – pura budeg atau bengong, jurus “kabayan” keluar. Itu yang bikin sebel. Mbok ya jangan disamaratakan kalau kita sekampung denganmu, hehehe.Dan saya baru ngeh, kalau ternyata emang Filipino dan Indonesian serupa tapi tak sama, alias susah ngebedainnya.Beneran, kadang kita nyangka wah ada orang Indonesia juga tuh,pas dideketin, ngomongnya bahasa tagalog.But at least, kita nggak SKSD banget kayak mereka.So my friend, so sorry, kalau dirimu sudah nyerocos tagalog – an dan jurus kabayan keluar, saya mau pura – pura budeg aja ah, capek kabayanan mulu :p

Coba tebak yang mana yang orang Indonesia dan yang mana Filipino?

Kalau bener, saya kasih coklat Dubai, kalau saya pulang 🙂

Leave a Reply