Sekolah di Dubai

Mencari sekolah di Dubai sama pusingnya dengan mencari pekerjaan di Indonesia. Sama – sama bikin pusing dan deg – degan. Akan terasa gampang kalau anda atau pasangan mendapatkan jatah di sekolah tertentu atau mendapatkan subsidi untuk biaya sekolah yang ampun mahalnya. Bila anda tidak mendapatkan dua – duanya seperti saya, berikut dibawah saya akan berbagi pengalaman berburu sekolah untuk anak tercinta.

Sebelum memutuskan akan menyekolahkan anak dimana, pertimbangkan hal – hal dibawah :

A. Lokasi Tempat Tinggal

Untuk memudahkan pembagian area, Dubai akan saya bagi 4 +1 :

  1. Dubai lama (Deira, Bur Dubai, Satwa) –> GEMS Winchester, Deira International School
  2. Jumeira –> Didaerah sini pusatnya sekolah – sekolah bule. Banyak banget pilihan tapi rata – rata biayanya mulai 30.000 AED/tahun.
SEKOLAH NURSERY
Horizon School Dubai Jumeirah International Nursery
Emirates English School Blossom Nursery Dubai
Jumeirah Primary School Children Garden Nursery
Safa Private School London and Paris Nursery
Star International School New Safa Nursery
Regent International School Kangaroo Kids Nursery
Wellington International School British Orchard Nursery
Jumeirah Baccalaurate School Little Wonders Nursery
Raffles International School Cocoon Nursery

3. Barsha –> American School of Dubai, GEMS World Academy, Dubai National School,       Regent International School, Repton School

4. Dubai Marina & Jebel Ali –>The International School of Chouifeat,  Winchester School, Jebel Ali Primary School, Jebel Ali Nursery, Raffles Marina Nursery, Greenfield Community School , Chouifeat Greenfield Community

5. Mirdiff termasuk Al Nahda dan pinggiran Sharjah –> Star International School, Sheffield Private School, Royal Dubai School, Cambridge International School

Sisanya sekolah yang tidak saya sebut diatas, adalah sekolah India, Sekolah yang berbahasa pengantar arab atau walaupun namanya misal XXX International School tapi lebih mengutamakan murid yang bisa berbahasa arab, atau bisa juga sekolah berbahasa asing selain bahasa inggris. Pertimbangkan jarak tempat tinggal dan sekolah yang diinginkan, karena dipagi hari pun Dubai bisa macet saat semua orang keluar rumah baik untuk ke kantor atau sekolah.

B. Budget Sekolah

Ini pendapat dan pandangan pribadi saya loh ya. Jadi menurut saya ada 2 jenis sekolah di Dubai yang beraroma India dan Bule. India dalam arti sekolah lebih didominasi oleh guru dan murid yang berketurunan India/Pakistan/Bangladesh. Sedangkan yang bule, minimal 50 persen guru dan muridnya berasal dari Inggris, Amerika atau Eropa, sisanya campuran asia, arab, dll.

Jenis sekolah pertama biasanya lebih murah dibanding sekolah jenis kedua. Sekolah India dimulai dari harga sekitar 10.000 AED pertahun untuk kelas nursery/playgroup. Sementara untuk sekolah bule, rata – rata dimulai dari harga 30.000 AED/tahun untuk kelas nursery.

Bedanya dengan sekolah di Indonesia yang dimulai dengan biaya pembangunan yang mahal, sekolah disini tidak ada biaya pembangunan. Biaya tersebut diatas dibagi 3 term, yang artinya bisa dibayar 3 kali sebelum tiap term dimulai. Biasanya nursery (3tahun) – kelas 4 SD, besar biayanya tidak berubah. Mulai kelas 5 keatas tentu saja akan semakin mahal.

Untuk info lengkap  mengenai alamat dan no telp, serta biaya dan kurikulum yang diajarkan silahkan buka masing – masing websitenya. Lengkap dan cukup informatif.

Demikian sekilas gambaran tentang sekolah di Dubai, untuk pendaftaran dan syarat – syarat yang dibutuhkan akan saya blog di posting selanjutnya.

3 thoughts on “Sekolah di Dubai

Leave a Reply