Jalan – jalan di Abu Dhabi

Tempat apa yang menarik di Abu Dhabi? Dibanding Dubai yang banyak famous icon seperti Burj Al Arab atau Burj Khalifa, Abu Dhabi memang kalah. Tapi kalau sudah di Abu Dhabi jadi enaknya kemana dan ngapain aja dong? Berikut dibawah, tempat yang biasa didatangin turis plus tempat lain yang juga menarik dan pernah saya kunjungi.

Grand Mosque Abu Dhabi

1.    Grand Mosque

Mesjid terbesar di UAE sekaligus makam Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Pastikan memakai pakaian yang rapih dan menutupi lutut, atau kalau mau, tersedia tempat peminjaman abaya, gratis.

http://www.szgmc.ae/en/

 

2.    Ferrari World

Darren & Ziggy @ Ferrari World AD

Terletak di Yas Island, ini icon modern yang dimiliki AD saat ini. Menurut Wikipedia, Ferrari World AD merupakan largest indoor amusement park in the world. Disini juga ada Formula Rossa, roller coaster paling cepat sedunia. (saya nggak berani naik). Biaya masuknya dewasa AED 240, anak- anak AED 195. Kalau mau agak ngirit, bisa minta teman yang punya voucher entertainer biasanya bisa buy 1 get 1. Lumayan kan J. Atau kalau nggak mau masuk tapi pengen foto aja, bisa banget. Diluar theme park, banyak spot untuk narsis juga ada toko souvenirnya yang komplit.

https://www.ferrariworldabudhabi.com/

 

3.    Heritage Village

Heritage Village AD

Kampung tradisional yang menampilkan sisi tradisional kehidupan di UAE. Disini, ada museumnya, ada replika rumah tradisional, ada perahu nelayan yang biasa dipake untuk mencari ikan dan mencari mutiara. Ada juga peternakan kecil, serta binatangnya yang biasa dipelihara seperti kambing, sapi, bebek dan ayam. Di area tenda tradisionalnya juga ada unta dan keledai. Kalau mau beli souvenir, ada kios- kios kecil juga, jangan lupa nawar 🙂

http://visitabudhabi.ae/en/what.to.see/culture.and.heritage/heritage.village.aspx

4. Area Meena : ada pasar sayur & buah, pasar tanaman dan barang kelontong, pasar ikan, dan pasar karpet. Buat turis yang ikut paket tour, mungkin ini gak penting dikunjungin, tapi buat yang bawa orang tua atau saudara yang berkunjung, area ini layak didatangi, ya…..biar tau ajalah pasar disini kayak apa 🙂

Photo diambil dari meetinabudhabi.com

 

5.    Emirates National Auto Museum

Mobil Raksasa

Museum ini menurut saya keren banget, sayang letaknya yang agak jauh dari kota membuat tempat ini jarang dikunjungi oleh turis yang ikut paket tour. Tapi kalau anda tinggal di UAE atau ada keluarga yang berkunjung, jalan – jalan deh kesini :). Merupakan museum yang memajang koleksi mobil dari Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan. Koleksi mobilnya keren dan unik, dipajang berdasar jenis mobil dengan aneka warna dan tahun pembuatan. Nggak cuma itu, tapi ada juga mobil dengan bentuk unik seperti, caravan dengan ukuran raksasa, ada juga bentuk bola dunia, bahkan ada mobil dodge yang tinggi ban nya lebih tinggi dari saya.

http://www.enam.ae/index.html

6.    Green Mubazzarah & Jebel Hafeet

Photo diambil dari wikipedia

Terletak di Al Ain, dapat ditempuh selama 1 – 1,5 jam perjalanan naik mobil. Tidak disarankan untuk kesini dimusim panas.Gunung – gunung diatas itu namanya Jebel Hafeet, sedangkan area hijau dibawahnya itu Green Mubazzarah. Kalau mau menginap, di tengah Jebel Hafeet ada Hotel Mercure.

 

7.    Mall list di Abu Dhabi :

Marina Mall, Galleria, Khalidiya Mall, Abu Dhabi Mall, Mushriff Mall, Wahda Mall, Dalma Mall, Bawabat Al sharq Mall, Deerfields Mall, sisanya mall kecil dan supermarket saja. Rata – rata sih isinya sama, standard ada Mothercare, H&M, Mango, Nine West, dst. Khusus Galleria cuma jual barang branded seperti Louis Vuitton, Bvlgari, Michael Kors, Coach, dan sejenisnya.

Foto diambil dari visitabudhabi.ae

Ayo…jalan – jalan ke Abu Dhabi!!!! 🙂

Abu Dhabi

Abu Dhabi itu beda yah sama Dubai?

Masih ada aja loh, yang belum bisa bedain Abu Dhabi dengan Dubai 🙂

Jadi, sekali lagi yah saya jelasin. Abu Dhabi dan Dubai itu sama-sama negara bagian dari UAE yang terdiri dari 7 negara bagian. Ada Abu Dhabi (sebagai ibukota UAE), Dubai, Sharjah, Al Ain, Ras Al Khaimah, Umm Al Quwain dan Fujairah.

Sudah setahun saya tinggal di Abu Dhabi sekarang, sudah saatnya mulai berbagi apa yang saya lihat, saya rasakan dan saya dapat di Abu Dhabi. Dulu, waktu saya tinggal di Dubai yang serba wah, wow dan bling bling, saya menganggap Abu Dhabi kayak “kampung”. Oops. Belagu deh ih. Tapi ternyata enggak juga, memang gedung – gedung di AD tidak semewah di Dubai. Tapi bukan berati apa yang ada di Dubai gak bisa kita temuin juga di AD.

Dibawah saya akan sedikit summary kehidupan di Abu Dhabi buat pencerahan yang ada rencana pindah ke sini :

A.    Pembagian area Abu Dhabi

  1. Area City, meliputi Salam Street, Old Airport Road, Tourist Club, Hamdan Street sampai Corniche dan area KBRI di Al Bateen
  2. Area pinggir AD, meliputi Yas Island, Saadiyat Island, Reef Island, Khalifa City, Muhammad Bin Zayed City sampai Mussafah, Mafraq, Baniyas dan Bawabat al sharq.

Yang butuh info harga sewa rumah (villa) dan apartment, silakan cek di :

http://abudhabi.dubizzle.com/property-for-rent/residential/apartmentflat/

B.    Sekolah

Ada beberapa kurikulum dan level sekolah berdasar biayanya yang saya tau.

  1. British Curicullum : Al Yasmina, BISAD, Brighton, BISAK, Cambridge, Diyafah, Al Bateen, Al Muna, dst (range biaya mulai dari AED 25ribu – 55rb per tahun)
  2. American Curicullum : GEMS America, American International School of Abu Dhabi, Glenelg School (range biaya diatas AED 40rb)

Sumber bisa dilihat lebih lanjut di link dibawah ya :

http://www.dubaifaqs.com/schools-abu-dhabi.php

http://whichschooladvisor.com/guides/best-schools-in-abu-dhabi-school-ratings/

C.    Mall

Mall ini penting banget buat ibu – ibu belanja, karena buat nyetok makanan ya harus ke supermarket, pasar ada tapi jauh banget plus biasanya lebih ke musti beli pak yang ukuran banyak. Di Abu Dhabi, merk supermarket dikuasain Lulu, AD Coop, baru Carrefour dan sisanya merk supermarket lokal.

  1. Area city ada : Abu Dhabi Mall (supermarketnya Abu Dhabi Co-op), Mushriff Mall (Lulu), Marina Mall (Carrefour), Khalidiya Mall (Lulu), Wahda Mall (Lulu)
  2. Area pinggir  : Raha Mall (Lulu), Dalma Mall (Carrefour), Bawabat Al Sharq Mall (Lulu), Mazyad Mall (Lulu), Capital Mall (Lulu)

Diluar itu supermarket buanyak buanget, rata – rata di setiap area pemukiman ada supermarketnya sendiri yang tidak harus berada di dalam mall. Ada juga baqala atau kios kecil yang jual aneka snack, minuman atau toiletries.

D.    Restaurant

1. Asian Food : Bandung Restaurant (Tourist Club area), Sari Rasa resto (Tourist Club Area), Chow King (Wahda Mall, Mushrif Mall), Thai Express (Wahda Mall), Lemon Grass (Galleria, Mushriff Mall, Bawabat AS Mall), PF Chang (Abu Dhabi Mall, WTC)

2. Non Asian : super duper banyak dengan berbagai merk dan dari berbagai negara (India, Lebanon, Italy, Amerika, dst)

3. Khusus yang mau nyobain arabic food yang enak, saya rekomendasiin musti coba : Najd Palace (Chicken Mandi, Chicken Madfoon, dll), Saudi Kitchen (Lamb Mandi, dsb), sisanya sih masih banyak, tapi yang saya doyan cuma itu :p

E.    Rumah Sakit

Rumah Sakit memang banyak, tapi nggak semua RS pelayanannya menyenangkan, ada yang cuma terima kalau sudah booking, ada yang bisa masuk kapan aja, ada yang bagus kayak hotel, ada juga yang dokternya buru- buru. Berikut sedikit RS yang saya pernah datangi dan dengar dari pengalaman teman – teman. Jangan lupa bawa kartu asuransi, kalau nggak biaya dokternya aja minimum AED 150, belum obat dan atau Lab.

  1. RS. Salama (Tourist Club). Bisa datang tanpa perjanjian, pelayanan cepat. Rekomendasi : dokter anak à dr. Hosam Abu Tahoon
  2. RS. Bur Jeel (Al Najdah Street). RS yang masuk kategori mewah dan mahal, HARUS BOOKING.
  3. RS. Al Noor (Old Airport Road). Harus booking dan rada lama pelayanannya.