Apartment di Dubai

Selama 2 tahun tinggal di Dubai, saya sudah berganti apartment selama 4 kali. Semuanya kami urus sendiri alias bukan disediakan tinggal menempati dari perusahaan. Jadi saya akan berbagi tips – tips berburu apartment dan pernak  – perniknya. Mudah – mudahan bermanfaat bagi yang akan pindah atau mencari tempat tinggal di Dubai.

1. Sebelum pindah ke Dubai, cari tahu terlebih dahulu :

– Dimana kantor anda berada?

– Apakah anda juga membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan sekolah ?

– Apakah anda akan menggunakan mobil atau transportasi umum sehari – hari?

2. Kalau sudah tahu, lokasi kantor, anda bisa mulai mencari di situs : dubizzle.com, bhomes.com, gnad4u.com. Persempit pencarian berdasar lokasi, harga dan jumlah kamar yang anda inginkan. Anda juga bisa memilih jenis apartment, apakah termasuk furnitur atau kosong. Bila anda tidak ingin tinggal dalam jangka waktu lama di Dubai, ada baiknya memilih apartment yang sudah termasuk furnitur. Karena bila suatu saat anda harus kembali ke Indonesia atau bahkan pindah dinas ke negara lain, anda tidak harus dipusingkan dengan masalah furniture dan perabotan rumah tangga lain.

3. Sebenarnya anda sudah mulai bisa survey sejak sebelum diberangkatkan, dengan syarat anda sudah tahu jawaban tahap 1. Jadi begitu sampai di Dubai, anda bisa mulai buat appointment dengan agen property dan survey lokasi. Karena hal ini akan cukup memakan waktu dan melelahkan, sementara anda sudah harus mulai bekerja dan banyak juga hal lain yang harus diurus.

4. Setelah memutuskan pilihan, biasanya biaya yang harus anda keluarkan terdiri dari komponen :

  – Agent Fee

  – Deposit Fee

  – Bila anda tidak mendapat tunjangan apartment, biasanya nilai kontrak dimulai dari 4 – 6 kali cheque. Dan pembayaran pertama harus cash. Anda harus membuka rekening bank di Dubai dan meminta buku cheque. (apartment dan mobil yang dibeli secara kredit, pembayaran hanya bisa dengan cheque)

  – Deposit Fee untuk DEWA (Dubai Electricity & Water Authority)

  – EJARI (pembuatan kontrak sewa apartment)

  – Bila sewa apartment tidak termasuk chiller/pendingin, maka anda juga harus membayar deposit pada perusahaan chiller. Cth : Empower, Palm District Cooling

5. Bila anda sudah selesai dengan semua proses tersebut diatas, biasanya anda dapat menempati apartment paling cepat 2 hari sesudah kontrak ditanda tangani. Kecuali apartment sudah dalam kondisi siap untuk ditinggali.

6. Untuk sambungan telephon, internet dan TV, layanan yang tersedia ada DU dan Etisalat. Anda dapat memilih paket yang anda inginkan sesuai harga dan kebutuhan.

Demikian kira – kira gambaran prosedur sewa apartment di Dubai. Karena memang lebih mudah saat pertama masuk, dibanding bila anda harus pindah apartment. Mengenai prosedur pindahan akan saya tulis di blog terpisah. Untuk memudahkan, anda harus perhatikan peta baik – baik. Saat survey lihat juga lokasi pemberhentian bus atau metro. Kecuali anda langsung beli mobil atau naik taxi terus. Karena lokasi halte dan metro sungguh melelahkan bila harus jalan kaki cukup jauh.

Bila anda akan membawa keluarga, ada baiknya pertimbangkan tingkat lantai yang akan anda tempati, apakah tersedia playground atau bila ada kolam renang perhatikan keamanan kolam tersebut. Akhir kata, Welcome to Dubai 🙂