Mindahin isi Dapur ke Abu Dhabi

Kemiri, Kecap Bango, Lada butiran, Pala, Ketumbar, Daun Salam cuma sebagian bawaan yang wajib dibawa ibu – ibu yang mau pindah ke sini. Untungnya imigrasi sini nggak rewel terhadap bawaan pendatang selama bukan barang terlarang. Selama judulnya masih makanan, masih lolos aja alhamdulillah.

Jadi….kemarin saya baru kopi darat nih, (ciyeeeh) sama salah satu pembaca blog saya yang pindah ke abu dhabi. Setelah kasih tau alamatnya, saya nawarin untuk jemput ke rumahnya dan ajak keliling sedikit abu dhabi sebelum main kerumah saya. Biasa deh namanya perempuan pasti nanya dong, udah masak apa aja disini, cerita – cerita ternyata Mbak Novi ini gak begitu banyak bawa perlengkapan perang kayak saya. Karena si suami bilang semua ada disini, jadi deh tenang aja bawa barang yang lain instead of bumbu dapur, hehehe.

foto milik dapur-cantik.blogspot.com

Emang siiih hampir semua ada disini, tapi kan kalo baru pindah:

  1. Belum punya SIM, susah mau kemana-mana
  2. Nggak tau jalan, naik taxi muter-muter nyari alamat yang gak kebayang juga ada dimana
  3. Lebih praktis kalau ada persiapan walau sedikit. Sampai kita tahu jalan dan tempat untuk re-stock persediaan

So..ibu – ibu, mbak – mbak atau para pria (pria juga banyak loh ngabisin beli bumbu Indofood di warung Indonesia), bawaan dibawah wajib banget dibawa sebelum pindah kesini atau pas mudik biar nggak jajan di foodcourt mulu atau bingung mau masak apa :

  1. Daun Salam
  2. Kemiri
  3. Lada butiran (disini adanya lada bubuk)
  4. Ketumbar (kalau belum biasa, baunya rada beda sama ketumbar indonesia)
  5. Asam Jawa
  6. Kecap Bango (disini adanya kecap ABC yang rada encer. Di warung indonesia ada juga Bango, tapi sebotol plastik harganya 15AED/Rp. 45.000,-)
  7. Saos Sambal : ABC, Indofood, Belibis (disini ada tapi bau bawang putih banget)
  8. Aneka jenis krupuk (ada juga tapi mahal)
  9. Cabe merah & rawit (ini penting banget buat pecinta sambel. Disini cuma ada bird eye chilly dari thailand, yang menurut saya kurang enak buat bikin nasi goreng, balado atau sambel bawang putih. Bisa sih dimasak tapi setau saya dia musti direbus dulu atau digoreng. Intinya, bedalah sama cabe indonesia)
  10. Gula Jawa
  11. Ebi, ikan asin, dan terasi
  12.  Royco atau Maggi (disini ada Maggi, tapi kata saya sih enakan  bawa royco :))
  13. Tepung Kobe (disini ada tepung tempura atau tepung kentucky)
  14. Tempe (tempe sini menurut saya rasanya darurat alias kalo gak ada ya mau gak mau deh dibeli)
  15. Tahu (masih bisalah hidup tanpa tahu. Adanya tahu cina putih lumayan lah buat ditumis atau dimasak sup tahu, atau bisa buat somay)
  16. Bakso (disini cuma ada homemade bakso yang rasanya standard banget, dan cuma enak buat dimasak bakso kuah. Nggak enak kalau dimasak nasi goreng atau ditumis)
  17. Sosis (iyaaa disini aneka jenis sosis banyaaaak. Tapi sekali lagi, BEDA!. Hihihi yang biasa suka makan sosis goreng atau nasi goreng sosis, sosis disini cuma cocok untuk di barbeque atau direbus. Saya sih bisa hidup tanpa sosis, jadi gak terlalu wajib)
  18. Bumbu Instant. Mau Indofood, Kokita,atau Bambu. Ini pilihan terakhir yang gampang dan praktis banget untuk ngerangkum semua bawaan diatas. Tapi percayalah, semakin lama disini, bisa jadi makin rajin belajar masak dan ngerasa lebih enak bikin bumbu sendiri daripada pake bumbu instant. Tapi kalo kepepet emang membantu banget. Disini juga ada, sebungkus harganya 4AED/Rp. 12.000,-

Daftar Bumbu Lain yang ada di sini :

  1. Kunyit (lebih banyak dalam bentuk serbuk)
  2. Lengkuas (cuma ada di supermarket Lulu, Geant atau warung Indonesia)
  3. Sereh/Lemon grass (Lulu, Geant atau warung Indo)
  4. Daun Jeruk (Lulu, Geant atau warung Indo)
  5. Temu Kunci (Cuma ada di Lulu)
  6. Daun pisang (cuma ada di Lulu)
  7. Daun Singkong (ada di warung Indonesia)
  8. Pete & jengkol (ada di warung Indonesia)
  9. Daun pandan (ada di warung Indonesia)
  10.  Cengkeh, pekak, kapulaga, jinten, kayumanis, wijen  dan masih banyak lagi ada di hampir semua supermarket.

Daftar Bawaan tambahan yang iseng dibawa kalau mudik (WARNING : bisa bikin overweight bagasi :p)

  1. Pempek
  2. Kerupuk kemplang palembang
  3. Cireng Frozen
  4. Otak – otak
  5. Kue lapis legit/lapis surabaya
  6. Kacang atom
  7. Tempe
  8. Agar – agar bubuk
  9. Aneka bahan kue seperti : SP, Pewarna Pandan, Cookie Glaze
  10. Plastik buat bikin lontong dan plastik ½ kg atau 1kg. Disini sih banyak aneka plastik, tapi tipis. Yang bahannya tebel cuma plastik dengan ziplock.
  11. Kalau masih ada muatan, saya bawa cetakan martabak, cetakan pukis, cetakan tumpeng. Gak sekaligus semua dibawa ya……..satu- satu setiap mudik atau nitip mama pas lagi main kesini

Yaaah itu cuma sebagian deh yang saya inget sisanya silakan tambahin sendiri sesuai selera, saya cuma bantu menginspirasi. 🙂

Jalan – jalan di Abu Dhabi

Tempat apa yang menarik di Abu Dhabi? Dibanding Dubai yang banyak famous icon seperti Burj Al Arab atau Burj Khalifa, Abu Dhabi memang kalah. Tapi kalau sudah di Abu Dhabi jadi enaknya kemana dan ngapain aja dong? Berikut dibawah, tempat yang biasa didatangin turis plus tempat lain yang juga menarik dan pernah saya kunjungi.

Grand Mosque Abu Dhabi

1.    Grand Mosque

Mesjid terbesar di UAE sekaligus makam Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Pastikan memakai pakaian yang rapih dan menutupi lutut, atau kalau mau, tersedia tempat peminjaman abaya, gratis.

http://www.szgmc.ae/en/

 

2.    Ferrari World

Darren & Ziggy @ Ferrari World AD

Terletak di Yas Island, ini icon modern yang dimiliki AD saat ini. Menurut Wikipedia, Ferrari World AD merupakan largest indoor amusement park in the world. Disini juga ada Formula Rossa, roller coaster paling cepat sedunia. (saya nggak berani naik). Biaya masuknya dewasa AED 240, anak- anak AED 195. Kalau mau agak ngirit, bisa minta teman yang punya voucher entertainer biasanya bisa buy 1 get 1. Lumayan kan J. Atau kalau nggak mau masuk tapi pengen foto aja, bisa banget. Diluar theme park, banyak spot untuk narsis juga ada toko souvenirnya yang komplit.

https://www.ferrariworldabudhabi.com/

 

3.    Heritage Village

Heritage Village AD

Kampung tradisional yang menampilkan sisi tradisional kehidupan di UAE. Disini, ada museumnya, ada replika rumah tradisional, ada perahu nelayan yang biasa dipake untuk mencari ikan dan mencari mutiara. Ada juga peternakan kecil, serta binatangnya yang biasa dipelihara seperti kambing, sapi, bebek dan ayam. Di area tenda tradisionalnya juga ada unta dan keledai. Kalau mau beli souvenir, ada kios- kios kecil juga, jangan lupa nawar 🙂

http://visitabudhabi.ae/en/what.to.see/culture.and.heritage/heritage.village.aspx

4. Area Meena : ada pasar sayur & buah, pasar tanaman dan barang kelontong, pasar ikan, dan pasar karpet. Buat turis yang ikut paket tour, mungkin ini gak penting dikunjungin, tapi buat yang bawa orang tua atau saudara yang berkunjung, area ini layak didatangi, ya…..biar tau ajalah pasar disini kayak apa 🙂

Photo diambil dari meetinabudhabi.com

 

5.    Emirates National Auto Museum

Mobil Raksasa

Museum ini menurut saya keren banget, sayang letaknya yang agak jauh dari kota membuat tempat ini jarang dikunjungi oleh turis yang ikut paket tour. Tapi kalau anda tinggal di UAE atau ada keluarga yang berkunjung, jalan – jalan deh kesini :). Merupakan museum yang memajang koleksi mobil dari Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan. Koleksi mobilnya keren dan unik, dipajang berdasar jenis mobil dengan aneka warna dan tahun pembuatan. Nggak cuma itu, tapi ada juga mobil dengan bentuk unik seperti, caravan dengan ukuran raksasa, ada juga bentuk bola dunia, bahkan ada mobil dodge yang tinggi ban nya lebih tinggi dari saya.

http://www.enam.ae/index.html

6.    Green Mubazzarah & Jebel Hafeet

Photo diambil dari wikipedia

Terletak di Al Ain, dapat ditempuh selama 1 – 1,5 jam perjalanan naik mobil. Tidak disarankan untuk kesini dimusim panas.Gunung – gunung diatas itu namanya Jebel Hafeet, sedangkan area hijau dibawahnya itu Green Mubazzarah. Kalau mau menginap, di tengah Jebel Hafeet ada Hotel Mercure.

 

7.    Mall list di Abu Dhabi :

Marina Mall, Galleria, Khalidiya Mall, Abu Dhabi Mall, Mushriff Mall, Wahda Mall, Dalma Mall, Bawabat Al sharq Mall, Deerfields Mall, sisanya mall kecil dan supermarket saja. Rata – rata sih isinya sama, standard ada Mothercare, H&M, Mango, Nine West, dst. Khusus Galleria cuma jual barang branded seperti Louis Vuitton, Bvlgari, Michael Kors, Coach, dan sejenisnya.

Foto diambil dari visitabudhabi.ae

Ayo…jalan – jalan ke Abu Dhabi!!!! 🙂